Senin, 14 November 2016

Soto Mie Bogor

Hallo teman teman Blogger :)

Apa kabar semua nya? semoga semua dalam keadaan sehat sehat saja yah dan selalu tetap semangat menjalani hari. 

Udah lama banget saya gak nulis di Blog, kadang selalu saja tertunda padahal Ide selalu datang setiap saat dan ketika punya waktu untuk Nulis semua nya kadang malah hilang ide ide nulis tersebut. Maklum sudah emak emak sekarang jadi rasanya kok waktu berjalan cepat sekali dan tidak pernah cukup hehehe, kok saya jadi curhat :D 

Hari ini sengaja sempatin nulis di Blog, dan maaf kalau tema nya bukan lanjutan dari tulisan yang sebelum nya :) karena sebelum ide tulisan ini lenyap lagi hehehe

Tema kali ini sengaja judul nya adalah Soto Mie Bogor. Yup karena memang tentang cerita si Soto Mie Bogor beserta resepnya :)

Ceritanya hari Sabtu kemarin tanggal 12 November 2016 ada teman teman dari Persatuan Wanita Indonesia (PWI) Bremen yang berkunjung ke rumah kami, ah yah sebenernya kunjungan ini adalah pertemuan rutin bulanan yang selalu PWI adakan yang setiap bulan nya selalu bergantian di rumah masing masing anggota. Nah November kebenaran pertemuan di adakan di rumah kami. 

Sempat bingung awalnya, mau masak apa yah menu masakan nya. Dan sempat tanya salah satu anggota dan beliau sarankan mungkin di cuaca yang sudah mulai dingin ini akan nikmat jika makan sup atau soto :) , ide bagus dan sayapun kebeneran juga lagi kepengen makan Soto mie Bogor. Kangen banget makan soto mie Bogor langganan abang abang yang selalu lewat depan rumah orang tua saya di Jakarta. Akhir nya saya putuskan membuat Soto Mie Bogor tersebut dan langsung browsing dan tanya mba Google resep Soto Mie ini. Seperti teman teman tau mbah Google pasti rekomen banyak resep yang pasti nya semua sudah teruji di dapur penulis resep tersebut dan semua pasti enak enak :)

Bismillah dan saya klik langsung satu link resep Soto Mie , langsung saya tulis resep nya yang semusti nya sih saya bisa saja mudah nya langsung di print ya, tapi entah saya memang lebih suka menulis resep karena automatis jika saya menulis saya akan mudah mengingat resep yang saya tulis tersebut :)

Setelah resep di tulis sayapun langsung cek stok persediaan bumbu dapur dan bahan bahan apa aja yang di perlukan dan harus saya beli, kebetulan rumah kami itu di desa jadi kalau mau belanja bumbu bumbu Indonesia atau bahan bahan yang di perlukan dari Toko Asia yah harus pergi ke kota yang jarak nya sekitar 45Menit dengan berkendara mobil. 

Setelah belanja dan semua nya siap saya pun mulai memasak dari habis sholat Shubuh :D karena semua harus di masak sendirian gak ada pembantu disini hehehehe tidak seperti di Jakarta yang ada pembantu dan asisten Rumah tangga jadi kita ada yang bantu. Disini hanya di bantu oleh Sang Suami dan itupun dengan catatan kalau suami kita yang pandai masak yah,  hehehehe karena kalau suami kita tidak pandai masak yah semua semua harus di masak sendiri.:D 

Saya masih Amatir dalam masak memasak ini tapi seiring dengan waktu seperti nya keahlian memasak saya ini sudah teruji :D Karena dulu nya ketika di Jakarta saya jarang sekali memasak dan bisa di bilang tidak pandai memasak, tapi sejak disini jadi bisa masak, kadang takjub juga sih sama diri sendiri wakakaka dan memang benar ada istilah BISA karena TERBIASA. :)

Akhir nya hari H pun tiba dan acara nya itu adalah jam Makan Siang, Menu Soto mie Bogor pun siap di sajikan hehehe. Sempat deg deg an juga apakah rasa nya sesuai dengan selera teman teman semua karena ini yang perdana saya buat Soto Mie Bogor. 
Dan ketika semua sudah makan , teman teman bilang Enak sekali, kalau di nilai, hasil nya 90 lah hehehehehe. Kurang 10 point karena tidak ada Jeruk Nipis, padahal itu yang bikin rasa soto makin mantap yah :D hehehehe karena saya lupa membeli jeruk Nipis :)
Lain kali kalau mau bikin soto mie bogor ini kembali, saya akan ingat jeruk nipis ini jangan sampai lupa beli hehehehe

Pada kesempatan ini pula, saya akan informasikan kepada teman teman semua bagaimana Resep Soto Mie Bogor ini, siapa tau bermanfaat buat teman teman yang senasib seperjuangan tinggal di Luar negeri dan lagi kepengen makan Soto Mie Bogor dan juga yang pasti pas mampir Blog saya ini yah :) 

Baiklah ini resep nya yah teman teman semua :)

Resep Soto Mie Bogor
Bahan & Bumbu :
- 1kg daging Sapi atau campur setengah nya dengan Kikil / Kulit Sapi
- 8 Lembar Daun Jeruk 
- 3 lembar Daun Salam 
- 2 Batang Serai memarkan
- 1/2 kg Mie Kuning / Mie basah. Kukus sebentar
(Saya pakai Mie kuning kering dan saya rebus)
- 10 Buah Risoles potong potong
- 4 Buah Kentang . Kupas Belah dua, goreng hingga matang dan potong2 segi empat
- 6 Buah Tomat potong potong
- 1/4 Kol Iris tipis. (saya tambahkan juga tauge mentah) :) 
- 3 Batang Daun Bawang iris Tipis
- 3 Sendok Makan minyak goreng untuk menumis 

Haluskan :
- 15 Butir Bawang Merah
- 8 Siung Bawang Putih
- 1 sdt merica bubuk
- 2cm jahe
- 2cm kunyit (Saya gunakan yang bubuk sekitar 1sdt) 
- 5 Buah Cabai Merah (saya skip alias tidak pakai cabe karena Suami dan Anak saya tidak bisa makan pedas) 
- Garam secukup nya.

Cara Membuat Soto Mie Bogor 
1. Rebus Daging sampai empuk, angkat lalu potong potong. Saring Kuah bekas merebus daging, sebanyak 1500ml sebagai kaldu.
2. Panaskan Minyak, tumis bumbu halus hingga harum, masukan serai, daun jeruk dan daun salam. Aduk rata. Angkat setelah bumbu matang lalu masukan kedalam panci berisi air kaldu. Masukan potongan daging dan masak sampai mendidih. Angkat , sisihkan.
3. Siapkan mangkuk lalu letakan mie, potongan tomat, potongan kentang, irisan kol, dan risoles. Sirami dengan kuah beserta potongan Daging. Sajikan dengan taburan daun bawang iris, perasan air jeruk nipis, sambal dan kecap manis. 

Resep Risoles

Bahan  :
- 10 - 15 lembar kulit lumpia (lenih pun gak masalah, sesuai selera mau berapa banyak) :)
- 150 gram bihun, rebus hingga matang. Angkat dan tiriskan
- 1 siung bawang putih cincang. Saya tambah kan juga 2buah bawang merah biar sedap dan harum :)
- Garam dan merica sesuai selera
- Putih telur
- Minyak untuk menumis dan menggoreng secukupnya

Cara membuat risoles
- Panaskan minyak, tumis bawang putih, lalu masukan bihun, tambahkan garam dan merica secukupnya. Aduk rata. Angkat
- Isikan setiap lembar kulit lumpia dengan 1sdm bihun, lipat kemudian gulung. Rekatkan pinggir nya dengan putih telur. Goremg Lumpia hingga matang dan bewarna kekuningan. Angkat , sajikan dengan Soto Mie Bogor. 

Sambal 
- 15 Buah cabai merah, rebus dan haluskan, 2sdt air jeruk nipis, 2sdt kuah soto mie. garam secukupnya, campur semua bahan dan aduk hingga rata.

Demikianlah tulisan mengenai Soto Mie Bogor ini teman teman :)

Salam hangat dari Bremen :) , walau hari ini sudah semakin dingin cuaca disini yang sudah minus 2 derajat .. bbrrrr :D

Selamat hari Senin dan jangan Lupa bersyukur dengan apapun yang kita miliki dan dalam suasana apapun yah teman2 :) 

Ini dia penampakan si Soto Mie Bogor nya teman teman :) 

Oh iya jangan lupa ditambahkan Emping sebagai pelengkap yah :)









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Langkah Membuat Surat Penetapan Pengadilan Negeri Untuk Penambahan Nama Keluarga Suami (Family Name)

Hallo teman-teman semuanya.      Saya pernah menuliskan tema ini pada tahun 2015 lalu. Di postingan kali ini saya hanya menambahkan UPDATE t...